Profil Desa Margajaya

Menuju Desa Margajaya mandiri, yang melayani dan mensejahterakan masyarakat

Lihat peta desa Margajaya Street View dari Google

SEJARAH SINGKAT MARGAJAYA

Dahulu wilayah Desa Margajaya sekarang merupakan bagian dari  Desa Ciluluk, yang mencakup empat wilayah Desa sekarang yaitu Desa Margajaya, Desa Raharja, Desa Gunungmanik dan Desa Cinanjung .

Pada zaman dahulu termashurlah nama seorang tokoh masyarakat di Desa Ciluluk yang bernama Raden DJAJAWIGUNA atau yang termashur dengan nama panggilan MARAGAN. Dari keturunan beliaulah banyak yang menjadi lurah atau kepala Desa di Desa Ciluluk atau Desa Margajaya sekarang ini.

Desa Ciluluk pertama kali di kepalai oleh seorang tokoh masyarakat yang bernama Bapak TANUDISASTRA atau yang lebih termashur dengan nama panggilan MAMA BINTANG. Beliau adalah lurah atau kepala Desa keturunan dari Raden DJAJAWIGUNA (MARAGAN) yang pertama kali menjabat sebagai kepala Desa di Ciluluk. Lurah atau kepala Desa Bapak TANUDISASTRA adalah kepala Desa yang termashur dengan kebaikan dan kebijaksanaanya sehingga beliau banyak mendapatkan penghargaan dari pemerintah pada saat itu.

Pada waktu itu masa jabatan Kepala Desa atau Lurah tidak dibatasi dan setelah Bapak TANUDISASTRA (MAMA BINTANG) meninggal dunia. Kurang lebih pada tahun 1941 jabatan kepala Desa diganti oleh Bapak E. SASCADIPURA atau yang terkenal dengan nama panggilan Pa Kuwu ENAS. Beliau masih saudara dari Bapak TANUDISASTRA (MAMA BINTANG) dan masih keturunan dari Rasen DJAJAWIGUNA (MARAGAN).

Pada waktu itupun masa jabatan kepala desa belum dibatasi periodenya karena belum ada peraturan yang mengatur  tentang hal tersebut.  Raden E. SASCADIPURA menjabat sebagai kepala Desa Ciluluk kurang lebih dari tahun 1941 sampai dengan 1949. Dan pada tahun 1949 jabatan kepala Desa Ciluluk digantikan oleh  bapak H. MAHMUD yang masih keturunan dari Raden DJAJAWIGUNA {MARAGAN}.  Menurut cerita sebagian tokoh masyarakat  bapak H. MAHMUD adalah kepala Desa Ciluluk yang paling gagah dan paling sakti, namun sayang beliau menjabat cuma sebentar karena beliau dijebak oleh gerombolan dan dibunuh.  Masa  jabatan  bapak H. MAHMUD kurang lebih dari tahun 1949 sampai dengan 1957 dan digantikan oleh Raden R. WIHATMADISASTRA atau yang termasyur dengan nama panggilan pa Kuwu {RIO} beliaupun sama masih keturunan dari Raden DJAJAWIGUNA {MARAGAN}. Raden R. WIHATMADISASTRA  kurang lebih menjabat dari tahun 1957 sampai dengan 1965 dan digantikan oleh bapak MEMED yang pada saat  Itu menjabat sebagai sekretaris desa , beliaupun masih keturunan dari Raden DJAJAWIGUNA (MARAGAN). Pada masa jabatan beliaulah Desa Ciluluk dimekarkan menjadi dua wilayah yaitu Desa Ciluluk dan Desa Raharja.  Kemudian Desa Ciluluk dimekarkan kembali manjadi dua wilayah,  yaitu menjadi Desa Margajaya dan Desa Gunungmanik kemudian Desa Raharja dimekarkan menjadi dua wilayah yaitu Desa Raharja dengan Desa Cinanjung.

Pada tanggal 4 Desember 1975 Desa Ciluluk digantikan namanya menjadi Desa Margajaya melalui musyawarah yang dihadiri oleh para tokoh masyarakat dari Desa Ciluluk. Bapak MEMED adalah kepala Desa Ciluluk yang paling lama menjabat sebagai kepala Desa yaitu kurang lebih 17 tahun dari tahun 1965 sampai dengan 1982. Pada masa jabatan beliaulah ada peraturan perundang-undangan yang mengatur masa jabatan kepala desa dibatasi menjadi delapan tahun dan setelah masa jabatan beliau selesai diadakan pemilihan kepala Desa dan terpilihlah bapak AMAY KOMARYA masa jabatan beliau sangat singkat dikarenakan beliau mendapat musibah kecelakaan yang merenggut nyawanya. Masa jabatan kepala desa bapak  AMAY KOMARYA  adalah dari tahun 1983-1986 dan kekosongan masa  jabata kepala desa diisi oleh PLT bapak JUMNA kemudian diadakan pemilihan kepala Desa dan terpilihlah bapaK NURGANA menjadi kepala Desa Margajaya dan beliaupun masih keturunan dari Raden DJAJAWIGUNA (MARAGAN). Masa jabatan bapak NURGANA adalah dari tahun 1988 sampai dengan 1996. Pada tahun 1998 diadakan pemilihan kepala desa dan terpilihlah bapak WAWAN yang pada waktu itu menjadi sekretaris bapak NURGANA. Masa jabatan bapak WAWAN adalah dari tahun 1998 sampai dengan 2006.

Kemudian pada tahun 2006 diadakan pemilihan kepala desa dan terpilihlah Bapak MAMAN RUSTIAMAN  sebagai kepala Desa Margajaya.  Beliau menjabat kepala desa dari tahun 2006 sampai dengan 2012.

Pada tahun 2012 tepatnya pada tanggal  9 September 2012 diadakan pemilihan kepala Desa Margajaya dan terpilihlah kepala Desa Margajaya yang baru yaitu Ibu YUNINGSIH yang menjabat kepala Desa Margajaya periode 2012 sampai dengan 2018.

Tahun 2018 diadakan lagi Pemilihan Kepala Desa Margajaya yang diikuti oleh 5 orang kandidat calon. Pada pelaksanaan pemilihan tersebut untuk pertama kalinya menggunakan peraturan baru yaitu penggunaan 5 TPS di sekitar Kantor Desa Margajaya.  Kepala Desa terpilih adalah Bapak AYAT RUHIYAT, seorang purnawirawan TNI yang beralamat di Dusun Citulampa RW 19. drm…..

Aparatur Desa Margajaya

AYAT RUHIYAT

Kepala Desa Margajaya

Kepala desa margajaya terpilih, hasil pilkades tahun 2018. masa bakti tahun 2018 – 2024

ANDI KUSNADI

Kasie Pelayanan

ADIS SUPRIADI

Kaur Umum dan Perencanaa

RATNA SUMINAR

Kepala Dusun II

DERI DERISMAT

Kepala Dusun IV

ARIF TAUFANI

Kepala Dusun III

DADI RAYADI

Sekretaris Desa

GUSROYANI HAENI

Kaur Keuangan

WAHYU SYURYANA

Kasie Pemerintahan

NURDIN

Kasie Kesejahteraan

DADANG HERMAWAN

Kepala Dusun I

ARIF LUKMANUL HAKIM

Kepala Dusun V

Jumlah Penduduk

Laki-Laki
Perempuan
Kepala Keluarga
Total Penduduk

Margajaya is Awesome

The best of the best is combined in Margajaya. It features fine aesthetics, strong functional backend, plenty of customizable elements, a vast array of theme customization options and last but not least a 5 star support. Margajaya is extremely diverse and implements Visual Composer.

Buy Now

Clients a Year

Online Shops

Plugins Tested

Award Winnings