Kuliah Kerja Usaha (KKU) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Sebelas April Sumedang

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sebelas April Sumedang memberangkatkan 414 mahasiswa untuk menjalani Kuliah Kerja Usaha (KKU) yang tersebar di 3 Kecamtan yang ada di Sumedang, yaitu Kecamatan Rancakalong, Pamulihan dan Tanjungsari. Mereka akan menjalani KKU selama satu bulan dan bersentuhan langsung dengan masyarakat. Adapun tema Kuliah Kerja Usaha (KKU) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi  (STIE)  Sebelas April Sumedang  yaitu “Peran Serta STIE Sebelas April Sumedang  dalam membangun ekonomi kreatif melalui pemberdayan masyarakat perdesaan”.

Seluruh mahasiswa peserta KKU diberangkatkan pada hari Senin, 1 Juli 2019 setelah melaksanakan pelepasan  di kampus untuk disebarkan ke masing-masing Desa yang menjadi tujuan kegiatan mereka. Adapun kegiatan yang akan mereka laksanakan yaitu (1) Akntansi Desa, (2) Usaha Ekonomi Masjid (3) Ekonomi Kreatif dan (4) UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah).  Mahasiswa dan Dosen pembimbing lapangan harus bisa memanfaatkan empat komponen utama dalam membantu memecahkan masalah-masalah yang ada di Desa.

KKU kelompok 23 yang di tempatkan di Desa Margajaya Kecamatan Tanjungsari,  sebelumnya sudah melakukan sosialisasi dan observasi  untuk mengetahui potensi  yang ada di Desa Margajaya. Hal tersebut bertujuan untuk menggali lebih dalam menggenai potensi Desa, diharapkan kedatangan KKU 23 dapat meningkatkan kesejahteraan Desa maupun masyarakatnya. Melalui kegiatan Usaha Ekonomi Masjid diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan umat Islam dan masyarakat yang  ada disekitar Masjid. Melalui kegiataan UMKM dan Ekonomi kreatif  diharapkan dapat meningkatkan potensi yang ada di masyarakat dan mengembangkan potensi yang sudah ada melalui sentuhan inovasi dan kreatifitas.

Divisi Akuntansi Desa saat sedang Belajar aplikasi SISKEUDES yang dibantu oleh Bendahara Desa Margajaya

Pembentukan dan pengukuhan kegiatan Usaha Ekonomi Masjid oleh KKU 23 di Masjid Jam’i As- Salaam yang bertempat di Dusun Kebon Hui RT 02 RW 06 Desa Margajaya Kecamatan Tanjungsari, Jumat (19 Juli 2019)

 

Salah satu kegiatan UMKM dalam pembuatan ali agrem di kediaman ibu Iis yang terletak di jalan Mamaraksapradja Bojong RT 02 RW 07 Desa Margajaya Kecamatan Tanjungsari

 

Salah satu hasil inovasi dari ekonomi kreatif yang diolah dari tempe menjadi nugget hasil kreativitas kelompok KKU kelompok 23

 

Selain itu, sebagai bagian dari rencana program kegiatan yang sudah disusun maka kelompok 23 mengadakan seminar penyuluhan  UMKM dan BUMDes Ekonomi Berbasis Digital, seminar ini  juga menghadirkan pelaku UMKM dan penggerak BUMDes guna mencapai tujuan dalam mengembangkan potensi ekonomi Desa.

Kuliah Kerja Usaha (KKU) merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa/i untuk selanjutnya para mahasiswa dituntut untuk membuat dalam suatu tulisan berupa laporan pertanggungjawaban selama proses kegiatan berlangsung. —drm—

Leave A Comment